Desain Interior Baru- Menerima Jasa Desain Interior Terbaik

Jika ingin mencari jasa desain interior terbaru? bisa hub kami untuk informasi lebih lanjut.

Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium Dibandingkan dengan Kayu

Pintu rumah saat ini umumnya dibuat dari material kayu atau aluminium. Pintu kayu dan pintu aluminium memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lalu bagaimana cara memutuskan material yang tepat untuk pintu rumah kamu? Yuk kita mengenal lebih dalam mengenai karakter masing-masing material tersebut.

Kelebihan Kusen Alumunium

Bila kita membahas mengenai kelebihan kusen aluminium, yang pertama terlintas adalah ketahanannya terhadap cuaca. Perubahan cuaca atau suhu lingkungan tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap material ini. Alumunium tidak akan mengalami penyusutan atau pemuaian karena temperatur atau suhu lingkungannya. Selain itu, aluminium tahan terhadap rayap dan keropos meskipun dipasangkan pada area dengan kelembaban tinggi, seperti pada kamar mandi atau area outdoor. Bobotnya ringan sehingga mudah untuk dipindahkan dan mudah dalam pemasangan maupun perawatan. Biaya pemasangan aluminium lebih ekonomis bila dibandingkan dengan kayu berkualitas baik. Memiliki warna yang menarik dan usia pakai yang cukup panjang.

Kelemahan Kusen Alumunium

Bentuk aluminium cenderung kurang variatif karena hasil cetakan pabrik. Kusen alumunium yang beredar saat ini, memiliki bentuk standar dari pabrik, sehingga hanya terbatas pada bentuk minimalis. Walaupun saat ini sudah mulai muncul variasi model baru, namun tidak bisa lebih flexible dibandingkan material kayu. Ini adalah kelemahan utama dari kusen alumunium. Jadi bagi kamu yang ingin mendapatkan model jendela atau pintu yang variatif, sebaiknya kamu tidak menggunakan material tersebut.
Diperlukan keterampilan khusus dalam pemasangan dengan menggunakan sistem fischer dan sealant. Maka sebaiknya kamu menggunakan jasa pemasangan kusen aluminium dibanding mengerjakannya sendiri. Kusen alumunium dipasang dengan mengandalkan kekuatan sekrup yang ditanam di dalam tembok yang sudah diplester. Ketepatan dan kehati-hatian sangat diperlukan agar hasil pemasangan rapi dan memiliki kekuatan yang maksimal. Jika terjadi kesalahan, maka bekas luka pada aluminium tidak bisa dihilangkan.

Kelebihan Kusen Kayu

Variasi bentuk yang lebih beragam. Kayu dapat dibentuk dan disesuaikan dengan konsep desain rumah, baik itu desain minimalis, modern, tradisional, klasik atau yang lainnya. Kayu juga memiliki tampilan yang lebih natural dan bernilai tinggi. Setiap jenis kayu memiliki motif urat kayu yang berbeda-beda. Motif tersebut yang menambah nilai jual pada kayu, terutama pada kayu-kayu keras seperti jati, merbau, bengkirai, dan lainnya. Material kayu lebih kuat jika dibandingkan dengan alumunium. Dengan memilih jenis kayu yang pas, dan proses pengolahan yang tepat, kusen dari bahan kayu dapat digunakan sekaligus sebagai penguat struktur bangunan.

Kelemahan Kusen Kayu

Harga kayu dengan kualitas baik tentu saja lebih mahal. Jumlah kayu dengan kualitas baik juga semakin sulit diperoleh. Kayu yang beredar saat ini memiliki kualitas yang menurun dibandingkan beberapa tahun lalu. Perawatannya yang lebih sulit karena kayu dapat menyerap air sehingga lebih mudah rusak. Sebaiknya kamu melakukan perawatan secara berkala, seperti melakukan pengecatan ulang. Apalagi jika berada di daerah yang lembab atau sering terkena air hujan, maka kondisinya akan lebih cepat keropos dan bisa menyusut atau memuai. Akibatnya, kayu dapat termakan oleh rayap.

Hubungi Persada Interior di nomor 081380809198 untuk konsultasi mengenai pemilihan material kusen kamu. Dapatkan penawaran harga spesial dengan kualitas terjamin dan bergaransi.


Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
 

Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.


削除
Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium Dibandingkan dengan Kayu
    Komentar(0)